Laporan kegiatan tahun 2017 dan rencana kegiatan tahun 2018


logo

Aceh-Japan Community Art Project 2018
Laporan kegiatan tahun 2017 dan rencana kegiatan tahun 2018


Mengadakan pertemuan untuk melaporkan hasil kegiatan project tahun lalu dan membuat rancangan kegiatan untuk tahun ini serta launching tempat kegiatan baru.

Sabtu, tanggal 21 Juli 2018 dari jam11:00~18:00

Sakura House ( markas baru project )
Jl. Sultan Alaidin Johansyah, Lam Lagang, Banda Raya, Kota Banda Aceh

hubungi kami di 0813-6060-7727 hanafi13aceh@gmail.com

Flyer download
report2017 download

Dengan kegiatan komunitas seni melalui kerjasama antara daerah yang terkena bencana yaitu Aceh, Indonesia dan negeri Jepang untuk merubah pengalaman masa lalu yang kelam menuju masa depan yang gemilang.


Pada tanggal 11 maret 2011 Jepang mengalami musibah disebut dengan Bencana Gempa besar Jepang timur dan pada tanggal 26 desember 2004 Aceh Indonesia juga mengalami bencana Gempa besar pulau Sumatera.
Organisasi nirlaba Chikyuu Taiwa Rabo dari Jepang dengan Aceh Community Art Consorsium bekerjasama untuk menciptakan hubungan yang baru dari dua daerah yang berbeda. Dengan hubungan ini akan terlahir suatu kegiatan dapat menyampaikan memori tentang bencana yang pernah terjadi di masa lalu (Disaster Tourism), dan juga akan saling mengenal tentang sosial masyarakat dan sejarah antara keduanya.
Mengapa bisa kita katakan demikian?
karena Aceh dan Jepang telah mengalami bencana yang sama, dan kita telah berhasil melewatinya.
Pada project tahun 2017, seniman dari Aceh dan Jepang membuat koloborasi melalui kegiatan yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya dan telah mengadakan lebih kurang 30 rancangan kegiatan di situs peninggalan bencana Tsunami juga tempat bersejarah di kota Banda Aceh dan Meulaboh, dan di dukung penuh oleh 50 orang lebih pemuda-pemudi relawan dari Aceh untuk menjadi pelaksana utama dalam menyukseskan acara tersebut.
Tahun ini juga, sampai pada hari peringatan Tsunami di bulan desember nanti, kami berencana akan membuat project yang akan berlansung kira-kira dua minggu.
Di tempat kegiatan yang baru akan diadakan pertemuan untuk membahas project tahun lalu dan membicarakan hal-hal yang akan dilakukan untuk kegiatan project tahun ini. Kepada yang berminat untuk bergabung dengan project ini, kami sangat mengharapkan kedatangan dan dukungan kamu.
Pada hari itu dipersilahkan untuk membawa dan memperlihatkan seni yang kamu miliki baik gambar, musik atau hasil karya seni lainnya yang ingin kamu tunjukkan yang akan diperkenalkan kepada masyarakat ramai. Kami akan menyambut baik pertunjukan kamu.

Rencana kerja project tahun ini dan relawan penyelenggara. Pendaftaran kepada yang ingin bergabung.


Pada bulan September akan mengundang 3 orang perwakilan dari Aceh ke Jepang.

Yang bertujuan untuk observasi daerah-daerah yang terkena bencana gempa dan Tsunami juga mengunjungi tempat-tempat seni di Jepang.
Dengan pengalaman yang didapat selama di Jepang, 3 orang tersebut akan diminta untuk bisa menjadi anggota inti pada project di bulan desember.
Kepada kamu yang ingin menjadi anggota inti dan ingin mengunjungi negara Jepang, silahkan mendaftar dengan menulis profil kamu, apa yang ingin kamu lakukan di Jepang pada bulan september dan apa yang ingin kamu coba lakukan di Aceh pada bulan desember nanti.
Info lebih jelasnya ! Silahkan datang dipertemuan pada 21 Juli!

Pada bulan desember project Aceh Japan Community Art akan dibuka, kegiatannya akan diadakan kira-kira selama dua minggu dengan berlokasi di Banda Aceh dan Meulaboh.

Tema untuk tahun ini adalah “Seniman akan membantu apa yang ingin kamu lakukan”
Tolong ceritakan apa angan-angan yang kamu ingin wujudkan.
Setelah melihat dan merasakan perpaduan seni, kamu mungkin akan dapat mewujudkan sesuatu yang berbeda dengan angan-anganmu.
Info lebih jelasnya ! Silahkan datang dipertemuan pada 21 Juli!

Penyelenggara :
NPO Chikyu Taiwa Labo, Aceh Community Art Consortium

Sponsorship :
The Japan Foundation Asia Center, The Toyota Foundation, YS Ichiba Community Foundation, Maekawa Houonkai Foundation

Partnership :
Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Aceh, Dinas Pariwisata Kota Aceh, KSA, TPMT, SD Negeri 31 Banda Aceh, Aceh TV, SD Miyanomori Higashi Matsushima, Citizen Center Kota Miyato, Hamahirugao Ambassador, SD Yotsukura Kota Iwaki, Ishinomaki Senshu University, Shokei Gakuin University, Asosiasi Himawari, NPO Community Art Funabashi, General Incorporated Association MMIX Lab, General Incorporated Association Art Inclusion, General Incorporated Association Community Art Laboratory